Powered By Blogger

Selasa, 07 Januari 2014

Mutiara Hari Ini tanggal 08 Januari 2014

Duh.... Tidak terasa ya.... Sudah hampir setahun PJ tidak memperbaharui PJ's Blog ini. Semoga TeKwan2 sekalian maklum ya. hehe.

Pd hari ini, PJ kembali berusaha memoles mutiara2 yang kira nya berharga dan bermanfaat bagi TeKwan2 sekalian... Sebenarnya sih mutiara yang 1 ini, telah PJ munculkan di FB kemarin hari. Tapi di dalam blog ini, akan PJ jelaskan supaya lebih rinci ya.

PJ mau berbagi mengenai 4 poin penting yang harus kita tingkatkan di dalam hidup kita guna mendekati kesempurnaan. PJ sendiri sih belum sempurna. Tapi PJ selalu berusaha untuk bisa meningkatkan keempat poin ini loh.

4 poin penting dalam hidup:
L = Landasan/Prinsip yang benar sesuai dengan hukum, adat, tradisi yang logis dan tidak merugikan pihak khalayak ramai. Di mana landasan/prinsip yang benar ini, layaknya sebuah penunjuk arah di dalam hidup kita. Karena dengan landasan/prinsip yang salah, sudah dipastikan arah hidup kita akan menjadi salah. Guna mendapatkan landasan/prinsip yang benar, silahkan memperbanyak pembelajaran mengenai agama, hukum dan adat setempat.. Lalui gunakan nalar dan akal untuk mempelajarinya.
I = Inovasi/Kesadaran/Kepekaan kreatifitas sehingga dapat selalu memperbaharui diri di dalam kehidupan, dan tidak terbelenggu oleh rutinitas yang monoton. Kehidupan yang monoton akan membuat hidup kita seakan berada di dalam penjara/belenggu yang akan membimbing kita mencapai sebuah titik jenuh yang sangat di dalam kehidupan kita. Sehingga membuat kita terlalu gampang berpasrah atau pun merasa bosan pada kehidupan ini yang memang terlalu rumit. Sehingga, dengan mengasah ketajaman kreatifitas kita, kita akan membuat kehidupan ini menjadi lebih bermakna dan tidak membosankan. Caranya mudah, sering-seringlah berlatih. Di saat menghadapi segala sesuatu, pastikan untuk menemukan sudut pandang yang berbeda dari normal, tapi pastikan sudut pandang itu pun tidak melanggar hukum, agama, norma, maupun adat yang berlaku.
F = Forum/Komunitas/Kelompok yang berkualitas dan sepadan serta benar. Karena besi menajamkan besi. Setiap orang pasti memiliki banyak pilihan kelompok di mana mereka bisa bergaul... Tapi, tidak semua kelompok itu bermanfaat di dalam pertumbuhan kita. Maka, PJ menyarankan untuk dapat benar2 memilih forum/komunitas/kelompok yang baik dan benar guna pertumbuhan hidup kita menjadi yang lebih baik. Gunakanlah nalar dan otak kita untuk memandang kelompok yang kita pilih secara menyeluruh. Bila memang buruk, katakan buruk. Bila memang bagus, katakan bagus.. Karena terkadang, kita selalu bisa menerima kesalahan2 besar yang dilakukan oleh orang/kelompok yang terlanjur kita anggap sebagai sahabat/yang disayangi. Tetapi kerapkali menutup mata terhadap kebaikan2 besar yang dilakukan oleh orang/kelompok yang kita anggap sebagai musuh/pihak yang berseberangan dengan kita.
E = Efektifitas Hidup di dalam waktu, tenaga dan finansial. Seringkali di dalam kehidupan ini, kita terlalu boros untuk memanfaatkan waktu,tenaga dan finansial yang ada di dalam diri kita. Bolos saat jam pelajaran, bermain dengan bergadang saat jam istirahat malam, berbelanja hal yang kita sukai tapi padahal tidak kita perlukan, dan lain sebagainya.... Padahal, tidak ada tombol rewind/putar balik di dalam kehidupan kita. Apapun yang telah kita lakukan, PASTI akan kita pertanggungjawabkan kelak, termasuk pemborosan yang kita lakukan saat ini. Oleh karena itu, berusahalah untuk bijak di dalam apapun yang kita lakukan.

Kiranya keempat poin ini bermanfaat bagi TeKwan2 sekalian.

Salam Hangat,
-=PJ Konsultan=-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Name: (Boleh disamarkan, atau bukan nama Asli)
Date:
Content: